Rabu, 13 Juni 2012

Honda Collection Hall ; Menelusuri Perjalanan Honda Dari Masa Ke Masa

Honda Collection Hall ; Menelusuri Perjalanan Honda Dari Masa Ke Masa
Pernahkah Anda bermimpi pergi dengan mesin waktu untuk melihat mobil-mobil Honda dari masa ke masa? Untuk pencinta Honda, Honda Collection Hall merupakan tempat untuk mewujudkan mimpi itu. Berlokasi di area Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, salah satu sirkuit kebanggan milik Honda, Honda Collection Hall berisi hampir seluruh kendaraan legendaris yang pernah diproduksi oleh Honda.
Honda Collection Hall diresmikan pada tanggal 21 Maret 1998 bertepatan dengan perayaan 50 tahun berdirinya Honda Motor Co., Ltd. Begitu masuk ke lobby utama, pengunjung akan disambut oleh piston raksasa yang merupakan replika dari piston pertama yang pernah dibuat oleh sang pendiri Honda-Soichiro Honda. Piston ini melambangkan awal dari impian besar Soichiro Honda yang kemudian terwujud melalui berbagai teknologi yang sukses dikembangkan Honda.
Di lantai pertama juga terlihat beberapa display sepeda motor, mobil, motor balap, hingga mobil balap Honda. Pengunjung juga dapat melihat perkembangan robot humanoid ASIMO mulai dari bentuk prototipe nya hingga bentuk terkini. Selain itu juga ada mobil listrik-tenaga surya (fuel cell) Honda FCX Clarity mulai dari bentuk rangka, mesin, model konsep, hingga model produksinya. Selain museum, di lantai pertama juga terdapat ruang baca, Pit Kobo, Café, dan juga Museum Shop.
Di lantai dua, pengunjung dapat melihat koleksi mobil dan sepeda motor yang pernah diproduksi sejak Honda berdiri. Ruangan ini dibagi dua, sebelah kiri untuk museum koleksi sepeda motor, dan sebelah kanan untuk koleksi mobil. Di sebelah kiri yaitu museum koleksi sepeda motor terdapat A-Type model sepeda motor pertama buatan Honda, Honda Super Cub, hingga model terkini seperti Honda CBR, Gold Wing. Sementara untuk museum koleksi mobil, terdapat mobil-mobil Honda klasik mungil Honda seperti; T360, N360, Vamos. Lalu ada mobil Sport (Coupe) pertama Honda; S500, S800, diikuti dengan Honda 1300, lalu generasi pertama dari Honda CIVIC (CIVIC CVCC), Honda Accord generasi pertama (Accord EX), hingga Honda Beat, dan juga sport car Honda NSX.
Di lantai tiga, pengunjung dapat melihat koleksi mobil serta motor balap Honda Racing. Mulai dari motor balap pertama Honda yang digunakan pada kejuaraan TT Isle of Man tahun 1959, hingga motor balap Honda RC212V. Kemudian untuk mobil balapnya, pengunjung dapat melihat mobil balap Honda F1 RA271 tahun 1964 hingga mobil balap terakhir Honda F1 RA108 tahun 2008. Mobil balap F1 dari tim lainnya yang pernah dipasok mesinnya oleh Honda juga dipamerkan di sini, seperti mobil balap tim McLaren, Williams, dan Lotus. Selain itu ada juga beberapa model mobil yang dipamerkan disini, seperti; S800 versi balap, hingga NSX yang digunakan untuk balapan JGTCC.
Melihat keseluruhan koleksi Honda dari masa ke masa, tampak bahwa sebuah impian memang memberikan kekuatan luar biasa untuk menciptakan sesuatu yang baru. Hal inilah yang menjadi dasar slogan “The Power of Dreams” yang digunakan Honda. Kata “Dream” itu pula yang tertulis di tengah-tengah replika piston raksasa yang terpajang di depan pintu Honda Collection Hall dan menjadi kata pertama yang menyambut setiap orang yang berkunjung ke sana.
Sumber; world.honda.com/collection-hall/

0 komentar:

Posting Komentar