Kamis, 07 Juni 2012

Honda Mulai Bangun Pabrik Baru Di Indonesia

Karawang - Niat Honda untuk membangun pabrik mobil baru di Indonesia hari ini terbukti dengan peletakan batu pertama pembangunan pabrik tersebut di Karawang, Jawa Barat. Di pabrik ini, Honda berencana untuk membangun mobil mungil Honda Brio dan sebuah MPV berharga murah.

"Ditempat ini, kami akan membangun pabrik kedua kami di Indonesia yang akan meningkatkan kapasitas produksi kami dari 60.000 per tahun ke 180.000 mobil per tahun," ungkap President Director PT Honda Prespect Motor Tomoki Uchida.

"Pabrik ini akan memproduksi model baru Honda di Indonesia dan akan menjadi salah satu pabrik terbesar Honda di Asia," tandasnya.

Honda sendiri memiliki lahan di Kawasan Industri Mitrakarawang dengan luas 512.500 meter persegi. 97.575,79 m2 diantaranya sudah dibangun untuk memproduksi model-model andalan Honda di Indonesia seperti Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed yang akan dikembangkan menjadi 192.575,79 m2.

Beragam fasilitas ada di pabrik Honda mulai dari Stamping, Press, Welding, Painting, Assembling, Vehicle Quality, Road Test, Car Pool, dan Engine Plant.

Selain berproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, pabrik Honda yang mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan tersebut juga telah mengekspor berbagai komponen mobil seperti komponen mesin seperti Cylinder Head dan Cylinder Block serta komponen mobil seperti Hood Comp, Panel RR Inside, R/L Inside, Skin Hood, Frame Hood hingga produk utuh seperti Honda Freed ke berbagai negara.

Untuk pabrik barunya nanti, Honda berencana akan menambah jumlah pekerja mereka antara 2.000-5.000 orang di pabrik dan diprediksi akan menyerap 50.000 orang di industri pemasok suku cadang dan 6.000 orang di 62 jaringan baru Honda di Indonesia.

Untuk pembangunan pabrik tersebut, Honda menggelontorkan dana hingga Rp 3,1 triliun. Pabrik tersebut diperkirakan akan mulai produksi pada triwulan 1 tahun 2014.

0 komentar:

Posting Komentar